Minggu, 12 Mei 2013

struktur pasar (resume)



Pasar adalah proses bertemunya interaksi antara penjual dan pembeli akan suatu barang atau jasa tertentu, yang dapat menetapkan harga keseimbangan serta jumlah barang yang diperdagangkan, yang akhirnya membentuk kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

Pasar ada 2 yaitu:

1. Pasar Tradisional
Sifat dari pasar tradisional yakni bersifat tradisional dimana penjual dengan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang yang dijual berupa kebutuhan pokok. Pasar tradisional biasa dikenal dengan bangunan seperti kios-kios, gerai atau lapak terbuka oleh penjual maupun pengelola pasar itu sendiri.

2. Pasar Modern
Sifat dari pasar modern yakni barang yang diperjualbelikan itu bersifat modern, barang dijual dengan harga pas dengan layanan tersendiri, barang yang dijual biasanya mencantumkan label atau barcode. Tidak dapat melakukan transaksi tawar menawar karena harga barang sudah ditentukan oleh pengelola, serta pembeli dilayani oleh pramuniaga. Contoh pasar modern seperti minimarket, hypermart atau supermarket.

Struktur pasar dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu :
1. Persaingan Sempurna
2. Pasar Monopoli
3. Pasar Monopolistik
4. Pasar Oligopoli
5. Pasar Duopoli

keuntungan berbelanja di pasar:
pasar tradisional:
 1.harga bisa tawar menawar langsung ditempat
 2.barang yang diinginkan tersedia banyak di lapak/kios yang berjejer dengan harga bersaing.
 3.lokasinya juga mudah di jumpai,karna setiap di daerah lingkungan pasti ada pasar tradisional.

pasar modern:
 1.harga bersaing dengan harga-harga yang terdapat di satu tempat minimarket yang satu dengan minimarket yang lain
2.harga sudah tertera langsung dan tidak bisa di tawar.
3.banyak barang-barang yang diinginkan di dapatkan dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar