Minggu, 12 Mei 2013

perilaku konsumen (resume) kelompok saya(6)



Perilaku konsumen sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas yang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan keinginan.

Ada 4 macam factor perilaku konsumen yaitu :
a. Faktor Pribadi->faktor yang terjadi sesuai dengan diri sendiri
b. Faktor Psikologi->faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen karna psikolog seseorang.
c. Faktor Budaya->faktor sesuai dengan adat budaya.
d. Faktor Sosial ->faktor ini sesuai dengan sosialisasi dalam lingkungannya

perilaku konsumen pada zaman sekarang lebih mengarah ke pembelian secara online. Pembeli tidak harus repot-repot untuk datang ke toko dimana produk yang sedang mereka cari. Pembeli hanya perlu mengakses internet lalu memilih website sebagai toko online yang menjual sesuai dengan produk yang sedang dicari oleh para konsumen.

beberapa pertanyaan yang diajukan pada kelompok kami
1. Apasih partially planned purchase ????
Seperti yang sudah dijelaskan, partially planned purchase maksudnya untuk membeli produk yang sudah ada tetapi pemilihan merek ditunda sampai saat pembelajaran. Keputusan akhir dapat dipengaruhi oleh discount harga, dll. Contohnya seperti ini, kita ingin membeli sebuah handphone. Kebetulan ada event di JCC. Awalnya kita niat untuk membeli handphone Blackberry. Namun, ternyata disana ada discount untuk setiap pembelian handphone Samsung. Dan setelah dilihat, spesifikasi handphone Samsung dan Blackberry tidak jauh berbeda. Dan pada saat itulah, kita sebagai konsumen bisa saja memilih untuk membeli handphone Samsung. Itulah yang dinamakan partially planned purchase.
2. Mengapa zaman sekarang, banyak masyarakat Indonesia lebih memilih produk luar negeri dibandingkan produk lokal ???
Jawabannya, karena konsumen Indonesia masih banyak yang gengsi. Padahal seharusnya kita harus bangga dengan produk dalam negeri. Contohnya, gitar. Gitar buatan Kalimantan banyak yang diekspor ke luar negeri. Masyarakat Indonesia yang tidak tahu, pasti akan lebih memilih untuk membeli gitar di luar negeri, padahal jika diselidiki itu produk lokal. Produk Negara kita sendiri.
kesimpulannya adalah setiap konsumen memiliki keunikan tersendiri,untuk itu agar tidak mudah terkecoh oleh penipuan atau tindakan kriminal yang terjadi.konsumen harus dituntut untuk ekstra hati-hati supaya apa-apa yang sudah direncanakan dalam melakukan transaksi dapat berhasil dan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar