Minggu, 12 Mei 2013

penentuan harga permintaan dan penawaran(resume)



hukum permintaan yaitu semakin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta. Semakin rendah harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang diminta. Sedangkan hukum penawaran kebalikannya, yaitu bila tingkat harga mengalami kenaikkan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga mengalami penurunan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun pula.

faktor-faktor yang mempengaruhi harga:

1.jumlah barang yang tersedia.karna apabila barang sedikit tapi permintaan banyak maka harga akan menjadi naik.
2.minat pembeli.karna saat konsumen sangat menginginkan suatu barang maka harga bisa melonjak naik sesuai dengan keinginan penjual.mau tidak mau pasti konsumen membeli dikarnakan sangat menginginkan barang tersebut.
3.waktu.karna waktu sangat penting,mengapa?karna waktu adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan,misalnya saat membeli sesuatu kita bisa menunggu waktu yang pas,suapaya bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Strategi pemasaran produsen yaitu :
1.Selera, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda.
2.Pendapatan konsumen, karena setiap orang pendapatan yang berbeda.
3.Harga barang atau jasa pengganti, apabila barang yang dibutuhkan konsumen mahal, maka konsumen akan berpaling memilih barang yang lebih murah.
4.harga barang atau jasa pelengkap, apabila kedua barang sama-sama mahal, maka konsumen akan memilih barang yang lebih mudah dicari.
5.Perkiraan harga masa datang, yakni memperkirakan barang yang akan dibeli akan melambung pada saat mendatang.
6.Intensitas kebutuhan konsumen, yakni produk yang dibutuhkan konsumen bersifat wajib dibeli karena di pakai setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar